sekretariat@matakin.or.id   +62-21-6509941   +62-21-65302778

Seruan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili

Seruan Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili

Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN)

Salam Kebangsaan Indonesia,

Wei De Dong Tian,

Salam Kebajikan

Umat Khonghucu yang kami kasihi, sebentar lagi kita akan merayakan pergantian tahun dari 2569 Kongzili menjadi 2570 Kongzili, tepatnya 01-01-2570 Kongzili, yang tahun ini bertepatan dengan 05 Februari 2019 Masehi.

Sebagai salah satu hari suci/hari raya umat Khonghucu, seperti yang disabdakan Nabi Agung Khongcu/Kongzi dan tertulis pada Kitab Suci Daxue, bab XV, 11.2, maka Tahun Baru Imlek wajib kita rayakan sebagaimana mestinya, bukan sekedar berpesta-ria menyambut pergantian tahun biasa, apalagi dengan pesta-pora berlebihan di tengah masyarakat majemuk yang sedang mempunyai agenda besar sebagai bangsa, menyiapkan pemilu pileg dan pilpres serentak pada 17 April 2019.

Tahun Baru Imlek adalah momen reflektif bagi setiap orang yang merayakannya, dalam kaitannya sebagai pribadi, makhluk sosial maupun umat Tuhan. Itulah sebabnya untuk merayakannya ada serangkaian acara ritual yang perlu kita lakukan, yang dimulai seminggu sebelum Tahun Baru Imlek dan berakhir dua minggu setelahnya pada saat perayaan Capgomeh.

Seminggu sebelum Tahun Baru Imlek, kita laksanakan ibadah yang disebut Er Shi Sheng An/Ji Si Siang An, memanjatkan Puji Syukur atas keselamatan yang telah diterima selama satu tahun, atas berkah yang telah Tian limpahkan. Secara horizontal kita wajib membantu sanak-saudara yang kurang mampu agar bisa merayakan Tahun Baru Imlek bersama-sama. Maka tanggal 24 bulan 12 Kongzili dinamakan pula Hari Persaudaraan.

Malam menjelang pergantian Tahun Baru Imlek, satu ibadah wajib bagi umat Khonghucu adalah ibadah Zhu Xi, dimaknai sebagai doa di ujung tahun/doa penutup tahun. Ibadah ini dilakukan di depan meja abu leluhur masing masing keluarga, sebagai wujud laku bakti pada para leluhur, sebagaimana yang menjadi inti ajaran Khonghucu.

Pagi harinya kita juga bersembahyang ke Hadirat Tian, seraya berjanji hidup lebih baik di tahun berjalan. Kemudian setelahnya memberikan selamat dan memohon restu kepada orangtua atau yang dituakan, serta sampai dua minggu berikutnya saling bersilaturahmi memberikan ucapan selamat serta saling mendoakan kebahagiaan dan kesejahteraan di tahun yang baru.

Di puncak malam tanggal 8 bulan 1 penanggalan Imlek, antara jam 23.00-01.00, seluruh Umat Khonghucu melakukan Sembahyang Besar ke Hadirat Tian, Jing Tian Gong/Keng Thi Kong, berprasetya untuk hidup lurus sepanjang tahun.

Akhirnya dua minggu setelah tahun baru, seluruh Umat merayakan Capgomeh, bergembira bersama di bawah naungan sinar bulan purnama pertama.

Menyimak rangkaian upacara di atas, MATAKIN ingin mengingatkan kembali bahwa Tahun Baru Imlek bukan sekedar pergantian tahun biasa yang cuma dirayakan dengan pesta-pora belaka. Tahun Baru Imlek adalah momen refleksi diri kita sebagai pribadi, makhluk sosial dan insan Tuhan. Momen untuk memperbaharui diri dan merawatnya setiap hari, agar senantiasa baharu.

Oleh karenanya tahun ini, seperti agenda resmi sejak tahun 2000, MATAKIN akan merayakannya secara nasional, sejak pertama kali dirayakan bersama Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, KH. Abdurrahman Wahid di Balai Sudirman Jakarta, 17 Februari 2000.

Perayaan Tahun Baru Imlek Nasional 2570 Kongzili kali ini akan mengusung tema, "Penimbunan kekayaan akan menimbulkan perpecahan di antara rakyat, tersebarnya kekayaan akan menyatukan rakyat". Tema ini untuk mengingatkan kita semua betapa persoalan keadilan, terutama yang terkait dengan kesejahteraan, amatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan sampai kita lalai, karena akibatnya amat mahal.

Akhirnya atas nama MATAKIN kami mengajak seluruh Umat Khonghucu untuk tetap seperti biasa merayakan Tahun Baru Imlek secara sederhana, lebih reflektif, seraya ikut menjaga keharmonisan sesama warga. Rayakanlah Tahun Baru Imlek sesuai ajaran agama Khonghucu, tidak melenceng dan mengkait-kaitkan dengan agenda dan atau tujuan lain, diluar yang diajarkan agama Khonghucu.

Selamat Tahun Baru Imlek 2570 Kongzili, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi. Shanzai.

Salam Hormat,

Ws. Budi S. Tanuwibowo, Ketua Umum Dewan Rohaniwan/Pimpinan Pusat MATAKIN

Js. Budi Suniarto, Ketua Harian Dewan Rohaniwan/Pimpinan Pusat MATAKIN

Tembusan :

- Anggota Dewan Rohaniwan MATAKIN

- Ketua-Ketua MATAKIN Provinsi/Kabupaten/Kota

- Ketua-Ketua MAKIN

- Arsip


Previous News
Next News


Peletakan batu pertama pembangunan kelenteng di Universitas Sebelas Maret Solo
PENEGAKAN ALTAR DAN PELANTIKAN MAKIN GENTA KEBAJIKAN SEMARANG


Related News